Peninggalan Majapahit Ditemukan di Madiun

Bukti Peninggalan Majapahit
Madiun , Peninggalan Majapahit Ditemukan di Madiun – Benda bersejarah yang diduga merupakan peninggalan zaman kerajaan Majapahit kembali ditemukan di Dusun Ngurawan, Desa Dolopo, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Benda-benda tersebut ditemukan di halaman rumah milik Suharto, warga dusun setempat. Benda yang ditemukan tersebut di antaranya berupa gerabah kuno yang berbentuk patung dan cangkir yang terdapat tulisan huruf China.

“Hal itu dilihat dari salah satu terakota yang berupa patung dengan penggambaran seksual seperti yang tertuang dalam Serat Centhini yang dibuat di era tersebut,” ujar Pemerhati Cagar Budaya Situs Ngurawan, Anto Purba, Selasa (15/3/2016).

Selain menemukan terakota, juga ditemukan susunan batu bata berbentuk pondasi bangunan di pekarangan rumah Suharto tersebut. Batu bata tersebut juga memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding batu bata yang ada di pasaran saat ini.

“Kakateristik batu batanya berbeda. Bentuknya lebih besar sekitar 40 centimeter dan jika diamati terdapat corak garis yang berbeda yang menunjukkan perbedaan ruangan. Beda tempat maka beda bata batu yang disusun,” kata pria yang mengenyam pendidikan Antropologi di Udayana Bali ini.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan pondasi tersebut merupakan bangunan apa, bisa jadi berupa “kedaton”. Adapun, susunan batu bata berbentuk pondasi bangunan tersebut ditemukan setelah warga menggali sekitar kedalaman 8 meter.

Pemilik halaman rumah, Suharto, mengatakan, penggalian dan temuan benda-benda serta susunan batu bata peninggalan peradaban Majapahit tersebut dilakukan setelah ia bermimpi. Dalam mimpi tersebut, ia mengaku ada sebuah bangunan megah di halaman rumahnya.

“Dalam mimpi saya saya melihat bangunan itu besar seperti istana kerajaan Jawa. Hanya saja tidak terlalu jelas,” kata Suharto.(beritajatim)

0 Response to "Peninggalan Majapahit Ditemukan di Madiun"

Post a Comment